Perencanaan Kebutuhan Material (MRP) dengan Menggunakan Teknik LOT Sizing Pada Bahan Baku Brispack J Varnish

Sonny Koeswara, Resa Taruna Husada (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jakarta) E-mail : sonnykoeswara@yahoo.com , resataruna03@yahoo.com

 

Abstrak

Di dalam perusahaan manufaktur ada bagian perencanaan dan pengendalian produksi yang mengatur proses produksi. Proses produksi adalah proses pembuatan bahan baku menjadi produk jadi. Dalam proses produksi diperlukan adanya persediaan bahan baku. Persediaan adalah bahan atau barang yang disimpan, yang akan digunakan untuk memenuhi tujuan tertentu. Misalnya akan digunakan dalam proses produksi.

Read More

Automatic Mains Failure Berbasis PLC

Badaruddin, Agus Suwendi Priyambodo (Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jakarta)

Abstrak

Dunia industri, telekomunikasi, gedung dan perkantoran tidak terlepas dari energi listrik. Semua proses kegiatan tidak lepas dari energi listrik. Seiring dengan menurunnya kemampuan PLN dalam menyediakan energi listrik maka dibutuhkan power backup yang handal. Genset (Generator Set) adalah salah satu pilihan, maka dibutuhan sistem otomasi yang handal untuk pengontrolannya.

Read More

Analisa Kegagalan Desain Komponen Element Cover (Elco) Oil Filter Dengan Metode FMEA

Muhammad Kholil, Erry Rimawan ( Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jakarta, E-mail : m.kholil@mercubuana.ac.id )

Abstrak

Filter oli terdiri dari berbagai macam komponen dan diantaranya adalah elco. Kadangkalanya komponen tersebut mengalami kegagalan desain. Dari bermacam-macam bentuk kegagalan yang berasal dari klaim pelanggan yang terangkum dalam rekaman klaim pelanggan, ada yang memerlukan perhatian serius, yaitu potensi kegagalan yang dominan.

Read More

Analisa Penentuan Interval Waktu Pemeliharaan (Preventif) Untuk Meminilisasi Ongkos

Herry Agung P., Yovanka Rumondang  ( Program Studi Teknik Industri, Universitas Mercu Buana Jakarta. Email: herryagung@gmail.com, emai_yovanka@yahoo.com )

Abstrak

Dalam industri percetakan, mesin cetak merupakan sarana yang paling utama yang harus selalu dalam kondisi siap pakai dan mampu dioperasikan secara optimal untuk dapat menghasilkan produk yang bermutu tinggi dan dapat diedarkan ke pembaca tepat waktu.

Read More