Memorandum of understanding (MoU)

 

Memorandum of understanding (MoU) Politeknik Ungku Omar Malaysai dengan Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana

Tanggal 10 September 2019

Tempat, Ruang Rapat Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana

Tujuan,

Tujuan kerja sama pendidikan antara pendidikan tinggi dan industri/perusahaan merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kapasitas manusia  dalam pembangunan dan sekaligus merupakan cara terbaik untuk memutus persoalan pembangunan.

Selain itu, bangsa yang unggul ditandai oleh kehadiran industri/ perusahaan multinasional yang mempunyai daya saing global. Oleh karena itu, kerja sama pendidikan antara pendidikan tinggi dan industri/perusahaan yang terbaik adalah ditujukan untuk mencetak angkatan kerja yang dapat mengisi kebutuhan industri/perusahaan.

Berkenaan dengan hal tersebut, perlunya mengajak dunia perguruan tinggi untuk melakukan kerja sama pendidikan dengan industri/ perusahaan. Dengan “memaksa” melakukan kerja sama pendidikan, maka penyelenggara perguruan tinggi akan memperoleh manfaat, antara lain:

  1. Perguruan tinggi akan memperbaiki manajemen pendidikan mereka agar go-industrial society dan bahkan go international untuk menjadikan manajemen mereka lebih baik, ditinjau dari pengelolaan akademis, pendidikan mahasiswa, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian, perguruan tinggi akan lebih efektif menyelenggarakan proses pendidikan yang berguna.
  2. Kerja sama pendidikan antara perguruan tinggi dan industri akan menjadikan perguruan tinggi lebih mandiri. Apa yang disediakan perguruan tinggi pun akan menemukan titik temunya dengan kebutuhan industri/perusahaan. Perguruan tinggi akan dengan leluasa mengembangkan penelitian dan pendidikan, sementara itu industri akan memperoleh manfaat yang diperlukannya dari perguruan tinggi baik dalam bentuk hasil penelitian maupun penyediaan tenaga kerja yang berkuallifikasi.
  3. Konsep Tri Darma Perguruan Tinggi, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat berjalan setali tiga uang sekaligus apabila kerja sama pendidikan antara perguruan tinggi dan industri/perusahaan dapat diwujudkan secara efektif. Kerja sama pendidikan harus berada dalam tiga area itu.
  4. Saat ini telah berkembang revolusi Industri 4.0

 

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>