Visi, Misi, dan Tujuan

Visi Fakultas Teknik adalah:
“Menjadi Unit Pengelola program Studi yang unggul, terkemuka, profesional dalam tata kelola program Studi bidang teknik di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan Global pada tahun 2024.”

Misi Fakultas Teknik:

1. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi dan menciptakan serta menerapkan keunggulan akademik untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang keteknikan yang memenuhi standar kualitas kerja yang diharapkan.
2. Menerapkan Manajemen Pendidikan Tinggi dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan Industri dan Kemitraan untuk merespon perubahan daya saing global.
3. Mengembangkan kompetensi dan jiwa kewirausahaan serta etika professional kepada para mahasiswa dan staff yang dapat meningkatkan kualitas hidup yang menselaraskan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Adapun mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran PS S1 Teknik Sipil FT UMB dapat dijelaskan secara terperinci sebagai berikut:
1) Melakukan evaluasi diri dengan melakukan analisis kekuatan dan kelemahan internal dilandasi dengan data dan informasi, untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman yang ada terhadap pengembangan PS S1 Teknik Sipil.
Menjabarkan nilai-nilai yang terkandung dalam visi, misi, tujuan, dan sasaran
1) Yayasan Menara Bhakti UMB, Universitas, dan Fakultas Teknik.
2) Mengumpulkan data/informasi dari seluruh stakeholder (para pakar, pengguna lulusan, alumni, mahasiswa, para dosen, yayasan, dan lain-lain).
3) Melakukan rapat tim untuk membahas dan menganalisis masukan dari para stakeholder.
4) Analisis kondisi yang komprehensif mengenai kebutuhan kualitas Sumber Daya Manusia atau lulusan program teknik sipil di masa mendatang.
5) Asumsi-asumsi mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tenaga ahli yang harus dimiliki PS S1 Teknik Sipil UMB di masa depan.
6) Membuat perencanaan pengembangan fisik PS S1 Teknik Sipil UMB di masa depan, misalkan dalam hal pengembangan sarana dan prasarana, serta pengembangan organisasi.
7) Memperhatikan peraturan maupun kebijakan pemerintah yang berlaku.
8) Menyusun draft visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian PS S1 Teknik Sipil.
9) Mendiskusikan draft yang telah disusun dengan pipinan tingkat universitas dan fakultas, serta dosen-dosen didalamnya ada profesor melalui rapat-rapat koordinasi sampai tercapai persetujuan draft.
10) Penetapan visi, misi, tujuan, dan sasaran PS S1 Teknik Sipil melalui Surat Keputusan Rektor.
Mensosialisasikan melalui kegiatan rapat-rapat, pemasangan di dinding-dinding di berbagai ruangan di PS, menunggah di website, pembagian buku dunia kampus bagi mahasiswa baru, pencetakan kartu nama, dan lainnya.
Tujuan  Fakultas Teknik:
Tujuan Fakultas Teknik adalah terlaksananya kegiatan Tridarma perguruan tinggi di setiap Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik sesuai dengan target yang telah ditetapkan, yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan di setiap Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik yang memiliki jiwa Pancasila, integritas kepribadian tinggi serta profesional di bidang Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Arsitektur, dan Teknik Industri dan memenuhi kualitas yang ditetapkan.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan Sumber Daya, yang dimiliki unit pengelola dengan tujuan mengembangkan kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak berdasarkan prinsip transparansi dan akuntabilitas.
  3. Meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga setiap lulusan Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik mampu melakukan koordinasi dan komunikasi lintas disiplin ilmu untuk pengembangan diri sesuai dengan dinamika pasar global.

Menghasilkan lulusan di setiap Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik yang bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi, maupun masalah yang dihadapi.